Sebelum mulai Usaha, Kenali Tantangan Digital Ekonomi Ini

Sebelum mulai Usaha, Kenali Tantangan Digital Ekonomi Ini

Era modern semakin memberikan tantangan digital ekonomi bagi para pelaku usaha di Indonesia. Di sisi lain, perkembangan ekonomi digital kini memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan produksi maupun konsumsi dalam sehari-hari.

Masyarakat sekarang bisa memanfaatkan transaksi online untuk berbelanja kebutuhan tertentu, tanpa harus datang ke toko. Ada banyak kemudahan lain yang dirasakan akibat dampak ekonomi digital, tetapi juga terdapat tantangannya.

Mengenal Lebih Dekat Tantangan Digital Ekonomi

Sebelum mengetahui berbagai tantangan yang ada, sebaiknya kenali dulu pengertian dari ekonomi digital. Kementerian Sektretariat Negara RI, menjelaskan ekonomi digital menurut Don Tapscott dalam bukunya berjudul The Digital Economy. Tantangan digital ekonomi sebelum dibahas wajib tahu ekonomi digital yakni keadaan sistem ekonomi yang mempunyai karakteristik sebagai ruang intelijen.

Hal tersebut mencakup akses instrumen, informasi, kapasitas, dan juga pemesanan informasi. Apabila Anda ingin mulai terjun di era ekonomi digital 4.0 sekarang ini, sebaiknya kenali dulu beberapa tantangannya. Berikut adalah beragam tantangan yang akan dihadapi oleh para pelaku ekonomi digital.

Macam-Macam Tantangan di Era Ekonomi Modern

Melihat perkembangan teknologi sangat pesat, para pelaku ekonomi kini bisa memanfaatkan keberadaannya secara maksimal. Namun, bukan berarti tidak ada tantangan ketika sedang berkecimpung dalam dunia perekonomian modern. Adapun beberapa tantangan digital ekonomi yang perlu Anda ketahui supaya dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha secara baik. Inilah tantangan pada saat era digital ekonomi sedang masif.

* Regulasi

Regulasi yang kurang optimal di Indonesia sering kali menjadi permasalahan utama dalam kegiatan ekonomi digital. Demi kelancaran bisnis secara baik, tentunya diperlukan sebuah regulasi secara maksimal untuk semua pelaku ekonomi. Mulai dari pihak pengguna dan penyedia layanan harus terlindungi hak-halnya dengan regulasi yang berlaku. Tantangan ini akan dihadapi setiap individu maupun lembaga yang turut serta di aktivitas perekonomian.

* Keamanan Internet

Kasus cyber security masih sering dijumpai dan menjadi salah satu ancaman terbesar bagi pengguna internet di Indonesia, khususnya pelaku ekonomi. Keamanan internet menjadi tantangan bagi diri sendiri agar lebih berhati-hati.

Tantangan digital ekonomi ini bisa diatasi dengan meningkatkan keamanan internet supaya pengguna dapat mengakses seluruh layanan ekonomi tanpa rasa khawatir. Pengguna juga tidak cemas terhadap peretasan atau pencurian data.

* SDM

Selanjutnya, terdapat masalah serius pada digital ekonomi yakni soal Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang memadai. Buktinya, masih banyak SDM kurang paham terhadap cara penerapan teknologi berbasis digital dan modern. Tingkat literasi digital sebagian SDM di Indonesia masih rendah, sehingga banyak sektor mengalami kesulitan bersaing ke bidang digital. Tantangan ini harus dihadapi bersama dengan memberikan pelatihan dan pendidikan bagi SDM.

* Persaingan Ketat

Perekonomian secara digital membawa pelaku usaha ke dalam persaingan pasar lebih ketat. Dapat dilihat dari kemunculan e-commerce, seluruh produk lokal bisa berkembang sekaligus harus bersaing untuk menemukan target pasarnya masing-masing. Perubahan ekonomi lama ke modern juga membuat produk luar negeri bisa masuk di Indonesia secara bebas. Pengusaha tidak hanya bersaing dengan kompetitor lokal, namun juga ada persaingan bersama kompetitor asing.

Benefit Ekonomi Berbasis Digital Bagi Masyarakat

Di luar tantangan digital ekonomi, tentu saja terdapat benefit yang bisa dirasakan seluruh masyarakat Indonesia bagi kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat penting terkait adanya perkembangan digital ekonomi antara lain sebagai berikut.

1. Efisiensi Waktu

Pelaku usaha maupun konsumen di era sekarang akan lebih menghemat waktu ketika sedang memenuhi kebutuhan. Pemesanan dan pembayaran bisa dilakukan secara online, kemudian barang akan sampai ke tujuan pengiriman.

2. Hemat Biaya

Perkembangan era digital memberikan benefit bagi setiap pengusaha karena bisa menghemat biaya. Untuk menjadi pengusaha saat ini tidak memerlukan biaya sewa gedung karena dapat dijalankan lewat internet.

3. Akses Informasi Mudah

Meskipun terdapat tantangan digital ekonomi, namun ada benefit berkat kehadirannya yakni memudahkan akses informasi secara luas. Baik pelaku usaha maupun konsumen dapat mencari brand terbaik sesuai kebutuhan tanpa mengalami kesulitan.

4. Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi dapat meningkat secara pesat setelah adanya era digital. Kondisi peningkatan pertumbuhan ekonomi bisa terwujud dengan adanya aktivitas investasi, transaksi berskala besar, dan hal-hal lain.
Melihat setiap tantangan digital ekonomi, ternyata ada juga manfaat yang bisa dirasakan oleh calon pelaku usaha maupun konsumen. Anda tidak perlu khawatir jika ingin memulai usaha di era modern.

Seluruh tantangan dapat dihadapi dengan menghasilkan produk-produk inovatif daripada kompetitor. Persaingan ketat menutut para pelaku usaha berpikir kreatif supaya produk barang atau jasanya tidak tergerus oleh persaingan kompetitor. Kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari di sektor perekonomian membuat semua orang bisa memperoleh manfaatnya.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia berpeluang meningkatkan kondisi perekonomian secara pesat. Hadapi setiap kendala dalam perekonomian digital dengan mengetahui tantangan dan juga manfaat. Pelaku usaha harus bisa melewati tantangan digital ekonomi untuk memasarkan produk barang maupun jasa secara luas.